Sebrangi Sungai Kapuas, Pena LBBK Lakukan Ekspedisi Belitang Hilir

Sabtu, 16 April 2016 anggota Pena LBBK beserta beberapa dosen STKIP Persada Khatulistiwa Sintang menyambangi SMP N 1 Belitang Hilir guna melaksanakan kegiatan menulis bersama. Rombongan tiba di SMP N 1 Belitang Hilir pada pukul 09.15 WIB. Warga sekolah menyambut antusias kedatangan rombongan dengan langsung memulai acara menulis bersama.

Kegiatan menulis bersama tersebut dilaksanakan guna memperingati hari Kartini, hari Bumi, hari Buku dan hari Pendidikan. Karya yang ditulis adalah puisi yang bertemakan Kartini, Bumi, Buku dan Pendidikan. Kegiatan  tersebut diikuti kurang lebih 80 siswa dari beberapa kelas yang ada di SMP N 1 Belitang Hilir. Dalam pelaksanaannya, siswa yang mengikuti kegiatan tersebut dibagi ke dalam empat kelompok. Setiap kelompok menulis puisi dengan satu tema yang telah ditentukan.

Kepala SMP N 1 Belitang Hilir Amir, S.Pd. mengatakan pihaknya sangat senang dan bangga atas kunjungan Pena LBBK. Karena sekolahnya menjadi sekolah yang disambangi Pena LBBK dalam Ekspedisi Menulis Bersama. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa belum pernah ada orang lain yang mengunjungi sekolahannya dan mengadakan kegiatan menulis seperti itu. Amir berharap dengan diadakannya kegiatan menulis bersama ini, siswanya dapat termotivasi untuk berkarya melalui kebiasaan  menulis serta memetik pelajaran yang terkadang di dalam kelas tidak diajarkan oleh guru.

Nyik Fung satu di antara bebrapa siswa yang mengikuti kegiatan tersebut mengatakan bahwa ia sangat senang mengikuti kegiatan tersebut meskipun belum puas dengan puisi yang telah ia ciptakan. Ia akan merasa senang jika di sekolahnya mendapat kesempatan kembali dikunjungi Pena LBBK untuk menggelar kegiatan yang sama.

Puisi-puisi yang telah diciptakan siswa-siswi SMP N 1 Belitang Hilir ini nantinya akan dikumpulkan dan diterbitkan dalam bentuk buku antologi puisi oleh Lembaga Bahasa dan Budaya Kalimantan (LBBK).

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*