Semarak Peresmian Rumah Adat Laut Belantau

Sabtu, 12 Maret 2016 lalu, Dr. Drs. Y. A. T. Lukman Riberu, M.Si. beserta rombongan dosen STKIP Persada Khatulistiwa Sintang memadati pelataran rumah adat Laut Belantau guna menghadiri peresmian rumah adat tersebut. Rumah adat Laut Belantau merupakan rumah adat binaan Lembaga Bahasa dan Budaya Kalimantan (LBBK) STKIP Persada Khatulistiwa Sintang.

Rumah adat yang terletak di Dusun Emparu Baru ini merupakan rumah adat yang didirikan secara bergotong royong oleh masyarakat setempat sejak bulan Juni 2015. Proses pendirian dimulai dari pembukaan lahan, penancapan tiang pertama yang juga dihadiri Dr. Drs. Y. A. T. Lukman Riberu, M.Si., mencari kayu untuk bahan pembuatan rumah adat, pemasangan kerangka hingga rumah adat selesai. Rumah adat ini dibangun untuk dipergunakan masyarakat setempat dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan adat. Selain itu, pendirian rumah adat ini bertujuan untuk melestarikan budaya setempat khususnya budaya Dayak.

Dalam prosesi acara peresmian tersebut,  rombongan disambut dengan tarian selamat datang yang dibawakan penari-penari setempat. Setelah melalui prosesi adat seperti memotong tebu sebagai tanda peresmian, menginjak telur sebagai tanda bahwa tamu tersebut merupakan tamu yang diagungkan oleh masyarakat setempat, kemudian setelah  prosesi “nyapik tangak” rombongan menuju rumah adat disambut oleh ibu-ibu yang menumbuk beras menggunakan lesung dan alu.

Dalam sambutannya, Dr. Drs. Y. A. T. Lukman Riberu selaku satu diantara beberapa donatur dalam pembangunan rumaha adat tersebut mengatakan bahwa pihaknya berharap dapat terus bekerja sama dengan masyarakat setempat guna melestarikan budaya setempat. Acara peresmian ini berlangsung sangat meriah, selain dari rombongan STKIP, warga setempat dari anak-anak hingga dewasa juga turut menyaksikan acara peresmian rumah adat kedua yang ada di Kab. Sintang ini.

 

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*