Kunjungan ke Balai Bahasa dan Pengenalan BIPA serta Simulasi UKBI

 

 

Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, melakukan kunjungan ke Balai Bahasa (Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa) Pontianak pada hari Jumat 29 September 2017. Kunjungan ini diikuti oleh lima belas mahasiswa dan satu dosen pembimbing yang juga sebagai Direktur LBBK (Lembaga Bahasa dan Budaya Kalimantan), STKIP Persada Khatulistiwa Sintang yaitu Dr. Herpanus, MA.

Kegiatan diawali dengan sambutan hangat dari Dedy Ari Asfar, MA. sebagai pembawa acara sekaligus moderator kegiatan. Selanjutnya, sambutan dari Evi Novianti, sekaligus membuka acara. Evi Novianti mengatakan “ada beberapa program kerja Balai Bahasa diantaranya, melaksanakan pengembangan, pembinaan, dan perlindungan di bidang bahasa.” Selain itu, Evi juga mengemukakan bahwa Balai Bahasa kerap melakukan pelatihan dan sosialisasi ke masyarakat tentang pentingnya Bahasa Indonesia, bahkan kami melakukan survey ke lapangan berkaitan dengan pemetaan Bahasa di Kalimantan Barat yang dilakukan oleh tim survey.

Setelah mendengarkan pemaparan beberapa program kerja Balai Bahasa, acara dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) yang disampaikan oleh Syarifah Lukna. Beliau mengatakan “Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, menyadari bahwa pengajaran Bahasa Indonesia bagi penutur asing atau pengajaran BIPA mempunyai peran yang amat penting dan strategis dalam memperkenalkan Indonesia ke masyarakat Internasional.” Selain itu, “kita juga dapat memperkenalkan masyarakat dan budaya Indonesia melalui bahasa ke dunia luar, sudah banyak di negara luar menjadikan Bahasa Indonesia sebagai pelajaran di sekolah, tepatnya 75 negara yang diantarannya adalah Kanada, Jepang, Vietnam, Australia, Ukraina, Korea Selatan, dan Kepulauan Hawai Amerika”, tutur Syarifah Lukna.

Kemudian dilanjutkan dengan pengenalan UKBI (Uji Kemahiran Bahasa Indonesia). Para Mahasiswa dari STKIP Persada Khatulistiwa Sintang sangat antusias mengikuti pelatihan simulasi UKBI tersebut yang disampaikan oleh Bu Irma dan Bu Amana. Beliau memberikan beberapa soal simulasi untuk mahasiwa STKIP. “UKBI adalah mengukur kemahiran berbahasa Indonesia, baik penutur Indonesia maupun penutur asing. UKBI meliputi lima sesi, yaitu sesi I (Mendengarkan), sesi II (Merespon Kaidah), sesi III (Membaca), sesi IV (Menulis), dan sesi V (Berbicara)” tegasnya.

Sebelum mengakhiri kegiatan kunjungan ke Balai Bahasa, dari pihak Balai Bahasa menyerahkan buku kepada Dr. Herpanus, MA., sebagai buah tangan dan ucapan terima kasih atas kedatangan rombongan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang, terutama untuk mahasiswa yang antusias mengikuti kegiatan tersebut. Di akhir acara, mahasiswa STKIP diajak untuk melihat-lihat isi perpustakaan yang ada di Balai Bahasa tersebut.

1 Comment on Kunjungan ke Balai Bahasa dan Pengenalan BIPA serta Simulasi UKBI

Leave a comment

Your email address will not be published.

*