Jamuan Makan Malam dan Sosialisasi Proyek Toyota (D16-N-0074)

Kamis, 04 Mei 2017 jamuan makan malam yang diselenggarakan tim Toyota Foundation berlangsung cukup meriah. Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, M.M., Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M.Si., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang Drs. Lindra Azmar, M.Si., dan para petinggi STKIP Persada Khatulistiwa hadir dalam jamuan makan malam yang dilaksanakan di Hotel Praktik SMK Kartini Sintang. Selain itu, tim proyek yang terdiri dari konsultan proyek Prof. James T. Collins, ketua proyek Prof. Madya Dr. Chong Shin, koordinator proyek Sepa (Ambon) Jamil Patty, M.A., koordinator proyek Mukkah (Sarawak) Dr. Tang Howe Eng, koordinator proyek Kenyabur Baru (Sintang) Dr. Herpanus, S.P., M.A serta anggota tim Anna Marganingsih, SE., M.Pd., dan Yohanes RJ turut hadir dalam acara yang berlangsung dari pukul 18.00 hingga 20.00 WIB tersebut.

Jamuan makan malam sebagai rangkaian acara pelarasan proyek Attitudes Towards Language Choice and Ethnicity: Multigenerational Divergence and Rapproachement, Toyota Foundation diselenggarakan untuk memperkenalkan proyek revitalisasi bahasa daerah kepada pemerintah setempat sekaligus sebagai ajang tukar pemikiran mengenai upaya revitalisasi bahasa daerah.

Askiman selaku perwakilan pemerintah daerah dalam sambutannya sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan STKIP Persada Khatulistiwa Sintang yang telah mampu menjalin kerja sama yang luar biasa dengan universitas terkemuka di negeri tetangga dan universitas lain di Indonesia. Selain itu, sebagai sekolah tinggi di Kabupaten Sintang yang bergerak dalam sektor pendidikan, STKIP Persada Khatulistiwa Sintang telah banyak memberikan kontribusi kepada pemerintah Kabupaten Sintang dalam rangka peningkatan sumber daya manusia khususnya kemajuan dalam bidang pendidikan.

Pemerintah daerah sangat mendukung upaya pelestarian bahasa daerah yang dilaksanakan STKIP Persada Khatulistiwa bekerja sama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Teknologi Mara, IAIN Ambon, dan STKIP Gotong Royong melalui projek bertajuk “Sikap terhadap Pemilihan Bahasa dan Etnisitas: Keterpisahan Antargenerasi dan Penyatuannya Kembali” yang didanai oleh Toyota Foundation. Dengan adanya proyek ini, diharapkan mampu meningkatkan serta menjaga eksistensi keberadaan bahasa daerah.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*